Bagaimana ‘Iris’ Menjadi Soundtrack Ikonik dalam Film ‘City of Angels

Film adalah seni yang memadukan berbagai unsur untuk menciptakan pengalaman yang mengesankan bagi penontonnya. Salah satu elemen yang sangat penting dalam film adalah musik, terutama soundtrack. Sebuah lagu yang tepat dapat mengubah cara kita merasakan dan mengingat sebuah film. Salah satu contoh yang sempurna untuk menjelaskan bagaimana sebuah lagu bisa menjadi ikonik dalam sebuah film adalah lagu “Iris” yang dinyanyikan oleh Goo Goo Dolls dalam film “City of Angels”. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana lagu ini menjadi soundtrack yang ikonik dalam film tersebut lengkap dengan Lirik Terjemahan.

Latar Belakang Film “City of Angels”

Sebelum kita membahas mengapa lagu “Iris” begitu ikonik dalam film “City of Angels,” kita perlu memahami latar belakang film ini. “City of Angels” adalah sebuah film drama fantasi yang dirilis pada tahun 1998, yang disutradarai oleh Brad Silberling. Film ini dibintangi oleh Nicholas Cage dan Meg Ryan dalam peran utama. Ceritanya berkisah tentang Malaikat bernama Seth (diperankan oleh Nicholas Cage) yang jatuh cinta pada seorang dokter manusia bernama Maggie (diperankan oleh Meg Ryan). Film ini adalah adaptasi dari film Jerman tahun 1987 berjudul “Wings of Desire” yang disutradarai oleh Wim Wenders.

Film ini mendapatkan perhatian besar dari penonton dan kritikus film, terutama karena kisah cinta yang penuh emosi antara Seth dan Maggie. Namun, salah satu hal yang paling mencolok dari film ini adalah penggunaan lagu “Iris” oleh Goo Goo Dolls sebagai soundtrack utamanya.

Baca Juga  Berbelanja Lebih Pintar: Tips Meminimalkan Ongkir saat Impor dari Australia

“Iris” oleh Goo Goo Dolls

“Iris” adalah sebuah lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh band rock alternatif asal Amerika Serikat, Goo Goo Dolls. Lagu ini pertama kali dirilis pada tahun 1998 sebagai bagian dari soundtrack film “City of Angels” dan kemudian dimasukkan dalam album mereka yang berjudul “Dizzy Up the Girl.” Lagu ini segera menjadi salah satu lagu paling terkenal dan ikonik dari Goo Goo Dolls.

“Iris” adalah lagu yang penuh emosi dengan lirik yang menggambarkan perasaan cinta yang mendalam dan keraguan. Lirik-lirik seperti “And I’d give up forever to touch you / ‘Cause I know that you feel me somehow” mencerminkan perasaan Seth yang ingin menjadi manusia agar bisa bersama Maggie. Musik yang mendalam dan penyampaian emosi yang kuat dalam vokal Johnny Rzeznik menjadikan lagu ini sangat cocok untuk film “City of Angels” yang juga penuh dengan perasaan dan pertanyaan tentang kehidupan dan cinta.

Lagu yang Menguatkan Narasi

Salah satu alasan mengapa “Iris” begitu ikonik dalam film “City of Angels” adalah bagaimana lagu ini digunakan untuk menguatkan narasi dan emosi dalam cerita. Lagu ini muncul dalam beberapa adegan penting dalam film, terutama dalam adegan di mana Seth memutuskan untuk menjadi manusia demi cinta kepada Maggie.

Dalam adegan ini, musik “Iris” berfungsi sebagai pengantar yang sempurna untuk mengkomunikasikan perasaan Seth. Lirik-liriknya seolah-olah mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya: keinginan untuk bisa bersama Maggie selamanya. Musik yang lembut dan melankolis juga menciptakan atmosfer yang tepat untuk momen tersebut, membuat penonton merasa terhubung dengan perasaan karakter utama.

Selain itu, lagu “Iris” juga digunakan dalam adegan akhir film, yang sangat penting untuk mengekspresikan akhir dari perjalanan karakter utama. Lagu ini memberikan perasaan penyelesaian dan pengakhiran yang indah untuk cerita, dan setiap kali penonton mendengarkan lagu ini di masa depan, mereka akan selalu teringat pada kisah cinta Seth dan Maggie.

Baca Juga  OpenAI Mau Uji Coba ChatGPT Versi Berbayar

Kesuksesan Komersial

Keberhasilan “Iris” dalam film “City of Angels” juga tercermin dalam kesuksesan komersialnya. Setelah dirilis sebagai singel pada tahun 1998, lagu ini mencapai peringkat tinggi di tangga lagu di seluruh dunia. Itu menduduki peringkat pertama di tangga lagu Billboard Hot 100 di Amerika Serikat dan mendapatkan banyak penghargaan, termasuk nominasi Grammy.

Keberhasilan ini juga menciptakan kebangkitan dalam karier Goo Goo Dolls, menjadikan mereka salah satu band rock alternatif paling populer pada akhir tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an. Lagu “Iris” masih menjadi salah satu lagu yang paling dikenal dan dicintai oleh penggemar mereka hingga saat ini.

Pengaruh pada Penonton

Lagu “Iris” dalam film “City of Angels” juga memiliki pengaruh mendalam pada penonton. Banyak orang yang menonton film ini pertama kali terkena oleh kekuatan emosional lagu ini. Musik memiliki kemampuan unik untuk mempengaruhi perasaan dan ingatan, dan “Iris” menjadi simbol dari kisah cinta yang abadi antara Seth dan Maggie.

Lagu ini juga menginspirasi banyak orang untuk mencari dan mendengarkan musik Goo Goo Dolls Iris Lirik, yang kemudian membantu band tersebut mendapatkan lebih banyak penggemar. Bahkan setelah bertahun-tahun berlalu sejak perilisan film, “Iris” masih sering diputar di berbagai acara dan menjadi lagu favorit di banyak pernikahan.

Pengaruh pada Soundtrack Film

Keberhasilan “Iris” sebagai lagu tema dalam film “City of Angels” juga berdampak pada penggunaan lagu-lagu dalam film-film selanjutnya. Banyak sutradara dan produser yang mencoba meniru kesuksesan film ini dengan memilih lagu-lagu yang memiliki potensi emosional yang kuat untuk digunakan sebagai soundtrack dalam film mereka. “Iris” menjadi contoh bagaimana sebuah lagu bisa menjadi lebih dari sekadar pengiring suara dalam sebuah film, tetapi juga menjadi bagian integral dari cerita dan emosi yang ingin disampaikan.

Baca Juga  Facebook Dituding Sengaja Bikin Baterai Smartphone Pengguna Drop: Balitteknologikaret