Tinggi Kalsium Selain Susu untuk Menjaga Tulang Seiring Usia

Bano polis – Susu dikenal sebagai sumber tinggi kalsium utama, namun ada banyak makanan lain yang juga kaya kalsium dan dapat membantu menjaga kesehatan tulang, terutama seiring bertambahnya usia.

Jika ingin tulang tetap kuat hingga tua, pastikan asupan kalsium Anda mencukupi. Menurut National Institutes of Health (NIH) di AS, orang dewasa (19-50 tahun) membutuhkan sekitar 1.000 miligram kalsium per hari, setara dengan tiga gelas susu (sekitar 237 ml per gelas).

“Baca juga: Pengembangan PAUD di Indonesia Masih Kurang Diperhatikan”

Makanan Tinggi Kalsium

Berikut beberapa pilihan makanan tinggi kalsium yang dapat menjadi alternatif susu:

  1. Biji Chia
    Dalam dua sendok makan biji chia terdapat 179 mg kalsium. Biji chia juga mengandung boron, yang membantu tubuh memetabolisme kalsium, fosfor, dan magnesium, penting untuk kesehatan tulang dan otot. Anda bisa menambahkannya pada smoothie atau oatmeal.
  2. Susu Kedelai
    Satu gelas susu kedelai mengandung kalsium hampir sama dengan susu sapi. Penting untuk memilih susu kedelai yang diperkaya kalsium karbonat. Susu kedelai juga mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk tulang.
  3. Kacang Almond
    Dalam 120 gram kacang almond terdapat 385 mg kalsium, sekitar sepertiga kebutuhan harian Anda. Namun, almond juga mengandung banyak kalori dan lemak, sehingga perhatikan porsinya jika Anda sedang mengurangi berat badan.
  4. Biji Bunga Matahari
    Dalam 133 gram biji bunga matahari terdapat 109 mg kalsium. Biji ini juga kaya nutrisi seperti magnesium, vitamin E, dan tembaga, yang bersama-sama membantu memperkuat tulang. Pilih biji yang rendah garam untuk camilan sehat.
  5. Kangkung
    Dalam sekitar 300 gram kangkung mentah terdapat 180 mg kalsium. Sayuran hijau ini juga kaya antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh.
  6. Brokoli
    Brokoli juga tinggi kalsium, dengan 87 mg kalsium dalam 73 gram brokoli. Selain itu, diet tinggi brokoli juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker, menurut National Cancer Institute di AS.
  7. Ubi Jalar
    Satu buah ubi jalar besar mengandung sekitar 68 mg kalsium. Ubi jalar juga tinggi vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata, penuaan yang sehat, dan pencegahan kanker.

Itulah beberapa pilihan makanan tinggi kalsium yang bisa menjadi alternatif susu untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

“Simak juga: Tips Tidur Nyenyak di Pesawat”